10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia

10 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Malaysia Yang Wajib Anda Kunjungi Jika Anda Berada di Ibukota Negara Malaysia Tersebut. Tempat Wisata Kuala Lumpur Sangat Populer dan Terkenal di Dunia.

Airasia Merupakan Salah Satu dari 5 Maskapai Penerbangan Murah Umrah Backpacker Yang Membuat Para Peserta Umrah Singgah Sementara di Kuala Lumpur

Sejatinya Pusat Pemerintahan Berada di Putra Jaya. Akan Tetapi, Kuala Lumpur adalah ibukota dari Malaysia. Kota Kuala Lumpur banyak dikunjungi wisatawan internasional sepanjang tahun karena terdapat banyak sekali tempat wisata yang menarik.

Tempat wisata di Kuala Lumpur banyak jenisnya, mulai dari tempat wisata religi, tempat wisata belanja, tempat wisata kuliner, tempat wisata modern, hingga tempat wisata tradisional.

Jika Anda Sedang Melakukan Transit Selama Umrah Backpacker Menggunakan Pesawat AirAsia, Tidak Ada Salahnya Untuk Berkunjung atau Mengunjungi Tempat Wisata Ini:

1. Batu Caves
Batu Caves adalah bukit kapur yang memiliki sebuah kuil di dalam goa. Kuil ini adalah salah satu kuil Hindu yang terletak di luar India yang paling populer, yang didedikasikan untuk Dewa Murugan. Untuk mencapai kuil ini, Anda harus berjalan menaiki 272 anak tangga yang cukup curam. Di bagian bawah anak tangga, terdapat patung Dewa Murugan tertinggi di dunia setinggi 42,7 meter.

Batu Caves terletak sekitar 13 km di sebelah utara kota dan paling mudah diakses dengan menggunakan kereta KTM Komuter dari stasiun KL Sentral, dengan waktu tempuh sekitar 35 menit dan ongkos RM2.

2. China Town, Kuala Lumpur
Chinatown Kuala Lumpur yang terletak di Jalan Petaling adalah sebuah surga belanja bagi wisatawan yang hobi membeli barang-barang murah. Tempat yang mayoritas pedagangnya adalah keturunan China ini sangat ramai dikunjungi wisatawan dan warga setempat yang ingin berburu barang murah, apabila anda ingin suasana yang sedikit lebih sepi anda bisa mencoba datang ke Chinatown pada siang hari karena semakin sore akan semakin banyak pedagang dan pembeli yang datang ke tempat ini. Jenis barang yang dijual di sini sangat beraneka ragam, mulai dari tas, baju, dompet, sabuk, CD musik, mainan anak-anak, makanan, hingga obat herbal China ada di sini. Jangan malu-malu untuk menawar harga di sini, barang-barang yang ada di sini bisa anda dapatkan dengan harga kurang dari 50 persen dari harga pembuka. Tempat ini sangat cocok untuk berburu oleh-oleh karena banyak pilihan barang, dan harganya relatif murah.


3. Lake Gardens (Taman Tasik)
Taman Tasik Perdana adalah sebuah taman yang sangat besar dan populer di tengah kota Kuala Lumpur. Taman ini memiliki luas lebih dari 91 hektar dan sering kali menjadi tuan rumah dari berbagai macam acara menarik. Obyek wisata menarik di tempat ini cukup banyak, di antaranya taman rusa, taman anggrek, taman kembang sepatu, monumen nasional, dan lain-lain. Anda juga bisa bersepeda di taman ini dengan cara menyewa sepeda dengan biaya 3 Ringgit setiap 30 menit. Memasuki tempat ini tidak dipungut biaya namun menyenangkan dan cocok untuk menjadi tempat istirahat karena Taman Tasik Perdana memiliki karakteristik yang sangat tenang dan damai. Taman ini buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai dengan jam 6 sore.

4. Aquaria KLCC
Bertempat di Kuala Lumpur City Centre, Aquaria KLCC akan membawa anda ke dunia yang benar-benar berbeda. Di akuarium Aquaria KLCC, anda dapat melihat berbagai jenis ikan dari yang besar hingga kecil, dari yang biasa hingga yang aneh, masing-masing dalam akuarium yang menyerupai habitat asli mereka. Tempat wisata ini buka dari jam 10.30 pagi hingga jam 8 malam setiap hari, termasuk hari libur nasional. Jam terakhir penerimaan tamu baru adalah pada pukul 7 malam.
 

5. Merdeka Square
Merdeka Square atau Dataran Merdeka merupakan sebuah area penting bagi sejarah negara Malaysia karena di sinilah untuk pertama kalinya tanggal 31 Agustus 1957 bendera Kerajaan Inggris diturunkan dan diganti dengan bendera Malaysia. Sejak saat itulah Merdeka Square selalu menjadi tempat penyelenggaraan Parade Hari Merdeka.


Di sekitar Merdeka Square terdapat banyak bangunan bersejarah seperti gedung Sultan Abdul Samad yang sekarang menjadi kantor Kementerian Komunikasi Informasi dan Budaya, Royal Selangor Club Complex yang dibangun pada tahun 1884 dan dulunya merupakan tempat bertemunya anggota elit Masyarakat Kerajaan Inggris, Museum Sejarah Nasional dan ada juga gereja St. Mary's Anglican Cathedral.

Untuk mencapai Merdeka Square, Anda bisa naik kereta Kelana Jaya LRT dari KL Sentral, turun di Stasiun Masjid Jamek lalu berganti kereta Ampang Line dan turun di Stasiun Hang Tuah.

6.  Kuala Lumpur Tower (Menara Kuala Lumpur)
Menara Kuala Lumpur adalah sebuah menara dengan tinggi 421 meter. dan merupakan salah satu tempat wisata di Kuala Lumpur yang sering dikunjungi wisatawan, dibangun untuk tujuan komunikasi. Elevator yang terdapat di Menara Kuala Lumpur cukup cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 54 detik saja untuk mencapai tempat observasi, dan sekitar 52 detik untuk kembali mencapai dasar. 


Selain dapat menikmati pemandangan, di sini anda juga dapat bermain simulasi F1, memasuki zona binatang, menaiki kuda poni, melihat akuarium koral, mencoba sensasi teater XD, dan mencoba makan di restoran mewah dengan desain unik yang berputar 360 derajat di ketinggian 282 meter. Menara Kuala Lumpur buka pada jam 9 pagi, dan tutup pada jam 10 malam.

7. Bukit Bintang
Bukit Bintang adalah tempat wisata di Kuala Lumpur yang ditujukan untuk kegiatan belanja dan hiburan. Mall-mall terbesar dan terlengkap di Kuala Lumpur dapat ditemukan di area Bukit Bintang. Mall-mall ini menjual barang bermerek dan semuanya adalah barang asli, bukan tiruan. Selain pusat perbelanjaan besar dan mewah, Bukit Bintang juga memiliki banyak sekali kafe. Bagi mereka yang lelah, di Bukit Bintang terdapat banyak sekali spa dan tempat pijat refleksi jadi tidak perlu kuatir kelelahan setelah belanja.

8. Menara Petronas

Menara Petronas atau dikenal dengan Twin Tower terletak di area KLCC, yang sebenarnya merupakan sebuah pusat perbelanjaan sangat besar di Kuala Lumpur. Menara ini adalah ikon Kuala Lumpur dan sempat menjadi gedung tertinggi di dunia tahun 1998-2004 mengalahkan Willis Tower di Illinois, Amerika Serikat.
Tempat ini paling pas jika Anda kunjungi pada sore menjelang malam hari, sehingga Anda bisa melihat keadaan menara saat terang dan gelap. Sekitar pukul 19.00 waktu setempat, di area air mancur yang berada di luar gedung selalu ada pertunjukkan dancing fountain.

Untuk mencapai Menara Petronas, Anda bisa naik Kelana Jaya LRT dari Stasiun KL Sentral dan turun di Stasiun KLCC dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dan ongkos RM1,6.


9. Street food di Jalan Alor


Tempat yang sangat ramai di malam hari ini sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Meski makanan yang dijajakan berasal dari bangunan permanen yang ada di sisi jalan, bukan layaknya street food kaki lima yang ada di Indonesia, namun kursi dan meja makannya ditempatkan di luar bangunan. Sepanjang jalan kita akan tetap merasakan suasana makan khas street food di sini. Hiasan lampion yang digantung sepanjang jalan pun membuat suasana jadi semakin meriah. Harga makanannya relatif murah, untuk seporsi sate dan nasi putih misalnya, Anda cukup merogoh kocek sekitar RM13.
Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa naik kereta Monorel dan turun di Stasiun Bukit Bintang dan jalan kaki sekitar 5 menit ke arah Raja Chulan.

10. Taman Burung dan Butterfly Park di Kuala Lumpur

Taman Burung Kuala Lumpur atau biasa disebut dengan KL Bird Park, adalah rumah bagi sekitar 3.000 burung dari 200 spesies burung lokal dan asing. Burung-burung yang ada di tempat ini sangat sangat ramah terhadap pengunjung. Jika Anda membeli makanan khusus, mereka akan senang untuk bertengger di bahu sehingga Anda bisa berfoto lebih dekat dengan mereka. Tak jauh dari Taman Burung Kuala Lumpur, terdapat juga Butterfly Park. Di taman ini Anda dapat berjalan di area taman sementara kupu-kupu akan terbang di sekitar Anda. Taman yang memiliki koleksi sekitar 5.000 kupu-kupu ini akan membuat Anda rileks di tengah kota besar yang padat.


Kedua taman ini terletak di area Jalan Cenderasari. Untuk mencapainya, Anda bisa naik bis RapidKL nomor B101 atau B112, turun di Dayabumi Complex dan jalan kaki ke arah Masjid Negara. Anda juga bisa naik kereta KTM Komuter, turun di Stasiun Kuala Lumpur (bukan KL Sentral) dan jalan ke arah Masjid Negara.

Bonus Untuk Anda, Jika Anda Muslim, Tidak Ada Salahnya Untuk Ke Masjid Negara (National Mosque)
11. Masjid Negara (National Mosque)
Masjid Negara yang berlokasi di Jalan Perdana, Kuala Lumpur ini selesai dibangun pada tahun 1965. Masjid Negara Malaysia ini dapat menampung sekitar 15,000 orang dan berfungsi sebagai sebuah tempat ibadah aktif. Pemeluk agama selain Muslim diperbolehkan mengunjungi tempat ini di luar jam ibadah. Apabila staf Masjid Negara merasa pakaian anda kurang sopan atau kurang cocok, mereka akan meminjami anda sebuah jubah panjang selama kunjungan anda di Masjid Negara. Apabila anda datang pada saat ibadah selesai, anda akan menyaksikan ribuan orang berbondong-bondong keluar dari Masjid Negara.



Akses Transportasi di Kuala Lumpur, Bandara ke Pusat Kota

Di area Bandara Internasional Kuala Lumpur (KUL) terdapat 3 terminal yang melayani maskapai dan tujuan yang berbeda-beda yaitu KLIA, KLIA2 dan LCCT. Mayoritas maskapai penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier) akan mendarat dan berangkat dari KLIA2 atau LCCT.

Dari bandara ke pusat kota terdapat beberapa alternatif transportasi, yaitu:

    Naik bis ke KL Sentral dengan tarif RM10 dan waktu tempuh 1,5 jam.
    Naik bis ke Terminal Puduraya dengan tarif RM10 dan waktu tempuh 1,5 jam.
    Naik bis ke Terminal Bersepadu Selatan (TBS) dengan tarif RM9 dan waktu tempuh 1 jam.
    Naik bis ke Stasiun Nilai dan dilanjutkan dengan kereta KTM Komuter ke KL Sentral.
    Naik kereta KLIA Express ke KL Sentral dengan tarif RM35 dan waktu tempuh 35 menit.

Selain via Bandara Internasional Kuala Lumpur, Anda juga bisa terbang ke Bandara Internasional Senai di Johor Bahru (JHB). Dari bandara ini, Anda tinggal naik shuttle bus ke Terminal Larkin dan melanjutkan perjalanan dengan naik bis ekspres ke Terminal Bersepadu Selatan atau Puduraya dengan waktu tempuh 5-6 jam dan tarif sekitar RM34. Jika Anda hendak menempuh rute ini, bis terakhir dari Terminal Larkin adalah pukul 00.00 – 01.00 dini hari.
Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...