10 Tempat Wisata Favorit di Negara Yordania

10 Tempat Wisata Favorit di Negara Yordania Beribukota di Amman, Tempat Wisata Ini Wajib Di Kunjungi Saat Ziarah dan Travel Ke Negara Jordania. Saat Berada atau Melakukan Kegiatan Umrah Backpacker Seperti Koordinator Umrah Lakukan Bersama Teman - Teman di Tahun 2016.

Yordania merupakan salah satu sebuah negara di Timur Tengah yang berbatasan dengan Suriah di sebelah utara, Arab Saudi di timur dan selatan, Irak di timur laut, serta Israel dan Tepi Barat di barat. 

Negara ini menerima arus pengungsi Palestina selama lebih dari 3 dasawarsa, menjadikannya sebagai salah satu penampung pengungsi terbesar dunia. Negara yang miskin bahan tambang ini mengimpor minyak bumi dari negara-negara tetangga. Meski Demikian Salah Satu Sektor Wisata Menyumbang Besar Negara Yang Merupakan Salah Satu Negara Yang Memberikan Visa On Arrival Bagi Passport Indonesia.

Selain itu Yordania juga mempunyai tempat terindah. Nah Ini lima tempat yang anda harus sambangi:

1.Wadi Rum

Jordania, salah satu negara di kawasan Timur Tengah, juga memiliki beberapa padang pasir yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Wadi Rum. Wadi Rum merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Jordania selain Petra dan Laut Mati. Luasnya sekitar 720 kilometer persegi.



Wadi berarti lembah. Wadi Rum terletak di Jordania bagian selatan sekitar 60 kilometer dari Teluk Aqaba yang indah. Jalan menuju ke Wadi Rum dapat ditempuh melalui jalan bebas hambatan mulus yang membelah padang gurun.

Setibanya di Pusat Pengunjung Wadi Rum, beberapa waktu lalu, kami memilih jip yang akan membawa berkelana menyusuri padang gurun. Sebagian besar merupakan jip kabin ganda. Adapun di bak belakangnya diberi tempat duduk pada kedua sisi. Setiap sisi dapat memuat tiga orang.

Untuk mengurangi panas menyengat, pada keempat ujung jip diberi tiang-tiang besi tua yang berfungsi sebagai penyangga atap. Atap itu terbuat dari kain terpal seadanya, ada yang sobek atau dekil. Selain jip, tersedia juga kendaraan lain, kendaraan tradisional yang sudah digunakan sejak dahulu kala, yaitu unta.

2. Laut Mati atau The Dead Sea

Tidak seseram namanya, laut mati merupakan sebuah Danau asin (bukan laut, karena berada pada daratan), istilah laut di pakai dikarenakan luasan nya yang mencapai 76 Km panjangnya dan memiliki lebar 16 Km, jadi bisa di bayangkan kalau danau ini begitu luas ( tapi danau ini telah mengalami penyempitan dan pengurangan debit air dikarenakan oleh penguapan yang berlebihan dan kurangnya pasokan air dari Sungai Jordan). Laut ini berada pada 420 meter di bawah permukaan laut yang merupakan daerah terendah di permukaan bumi (sedangkan titik terdalam di bumi sendiri di pegang oleh palung mariana).Laut mati berada diantara wilayah Jordania dan Israel. Baca Info 10 Fakta Menarik Tentang Laut Mati The Dead Sea 



Laut ini terletak di perbatasan Yordania, Israel, dan Palestina. Kadar garam yang begitu besar pada laut ini membuat kita bisa mengapung di atasnya tanpa susah susah berenang, bahkan sambil membaca buku sekalipun!

Konon kadar garam di laut mati ini mencapai 31.5 % ( itu berarti 9 kali lipat dari kadar garam laut normal yang sekitar 3,5 %. Karena kadar salinitas nya tersebut maka semua benda bisa mengapung diatasnya.

Terjadi penurunan debit air di laut ini yang mencapai 1 meter tiap tahun nya dikarenakan jumlah air yang masuk dari sungai jordan banyak di pakai untuk keperluan irigasi sehingga pasokan ke laut ini menjadi berkurang dan penguapan nya sangat tinggi, inilah yang menyebabkan mengapa laut ini menjadi asin.

Tak ada ikan yang hidup di situ, dan air laut mati bila terkena mata akan sangat perih. Di balik itu semua lumpur laut ini memiliki khasiat tersendiri bagi kaum wanita khususnya sebagai penghalus kulit (Lulur Lumpur laut ).

Selain kandungan garam yang amat sangat tinggi, air Laut Mati juga banyak mengandung kalium, magnesium, dan bromium, mungkin karena itulah lumpur laut mati ini dianggap sangat berkhasiat.

3. Teluk Aqaba

Teluk Aqaba Atau  di Israel dikenal dengan nama Teluk Eilat (bahasa Ibrani: מפרץ אילת, Mifratz Eilat) adalah sebuah teluk yang terletak di Laut Merah. Letak geografisnya di sebelah timur terdapat Semenanjung Sinai dan di barat terdapat Semenanjung Arab. Mesir, Israel, Yordania, dan Arab Saudi memiliki pantai di teluk Aqaba.



Teluk ini terletak di sisi timur Semenanjung Sinai dan di sebelah barat Semenanjung Arab (atau tanah Arab). Teluk Aqaba dan Teluk Suez merupakan dua teluk yang menjorok dari ujung utara Laut Merah; Teluk Aqaba di sebelah timur Teluk Suez. Teluk Aqaba mencapai kedalaman 1.850 m di bagian tengahnya, sedangkan Teluk Suez lebih lebar tetapi kedalamannya hanya kurang dari 100 m. Ada Bisa Menyebranyi Teluk Ini dan Menuju Negara Mesir.

4. Goa Ashabul Kahfi

Goa ini merupakan tempat 7 pemuda dan seekor anjing yang mendapat petunjuk dan beriman kepada Allah tertidur lelap selama 309 tahun. Mereka melarikan diri dari kekejaman raja Dikyanus (QS. Al-Kahfi). lokasi gua terdapat di Yordania di perkampungan Al-Rajib atau dalam Al-Quran di sebut Al-Raqim, yang berjarak 1.5 km dari kota Abu A’landa dekat kota Amman- Yordania. Info terakhir yang didapatkan bahwa Raja Abdullah ke 2 (Raja Yordania) telah meresmikan untuk mendirikan di muka gua Ashhabul Kahfi masjid dan ma’had yang diberi nama “Masjid Gua Ahlul Kahfi” dan Ma’had Da’wah dan Dai’.


5. Petra

Petra merupakan sebuah situs arkeologikal di Yordania, terletak di dataran rendah di antara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba. Petra adalah kota yang didirikan dengan memahat dinding-dinding batu di Yordania. Petra berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'batu'. Petra merupakan simbol teknik dan perlindungan. Fakta Menarik Tentang Petra Tempat Wisata Favorit di Yordania .

6. Gereja Byzantium, Citadel, Amman

Gereja ini didirikan sekitar abad ke 5 atau ke 6 AD. Tinggal pilar pilar besar bergaya Romawi, tetapi kalau kita perhatikan benar benar nampak jelas memang puing puing ini bekas bangunan gereja. Cukup luas dan terletak ditengah tengah komplek Citadel.


7. Roman Theater

Roman Theater dibuat pada masa kekaisaran Marcus Aurelius (dibuat sekitar 169-177 M). Teater yang berukuran besar dan curam ini sanggup menampung 6000 penonton. Dibuat di bagian lereng, bangunan ini berorientasi di utara untuk melindungi penonton dari sengatan matahari.



Teater ini dibagi menjadi tiga daerah horizontal (diazomata). Daerah pintu masuk (paradoi) terletak pada lantai dasar. ada menuju ke orkestra dan yang lain untuk panggung. Kamar di balik pintu masuk rumah sekarang adalah Musium Tradisional yang populer di Yordania di satu sisi, dan ada juga Musium Rakyat Yordania.

Bagian tertinggi kursi di teater itu (dan masih) disebut "The God". Meskipun jauh dari panggung, bahkan ada yang sightlines sangat baik, dan para aktor bisa jelas terdengar, karena kecuraman gua.

8. Hercules Temple

Kuil yang terletak di Citadel, Amman ini dibangun antara tahun 162-166 M. Kuil ini jauh lebih besar dibandingkan kuil-kuil Romawi lainnya. Bangunan ini menghadap ke arah timur dan dapat terlihat dari sudut timur laut. Kuil ini ditopang oleh pilar-pilar setinggi 33 kaki. Dilihat dari kuil ini, terlihat jelas bahwa kuil ini sama sekali belum selesai dibuat.



9. Masjid Umayyad

Kubah masjid ini mirip sekali dengan Pac Man dengan kedua matanya yang lucu. Kubah masjid sudah tidak asli lagi dan baru saja direnovasi. Disana sini masih berserakan alat alat pertukangan. Dinding masjid bagian dalam banyak terdapat relif relief bagus seperti yang sering kita lihat di candi candi di Indonesia. Terus terang kami cukup terperangah melihat ornamen bagian dalam masjid yang megah ini.



Sejarah mencatat kota ini pernah dikuasai oleh bangsa Babylonia (Abad 6 SM), Ptelemius (Abad 3 SM), Roma (Abad 1 SM) dan dinasti Umayyad (Abad 7)

10. Al Karak Castle

Kota Karak terletak sekitar 129 Km sebelah selatan Amman atau sekitar 88 Km sebelah selatan Madaba dengan ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan air dead sea. Ada hotel hotel kecil di kota ini dan untuk menuju kota ini bisa melalui Desert Highway lalu belok kanan di Qatrana. Tetapi saya anjurkan untuk melalui Kings Highway saja karena pemandangannya sangat menakjubkan, yaitu Wadi Mujib dengan kedalaman lembah sekitar 1000 meter.



Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...