10 Lokasi Favorit Untuk Foto Selfie Saat Umrah

10 Lokasi Favorit Untuk Foto Selfie Saat Melakukan Ritual Suci Ibadah Umrah dan Haji  di Mekkah dan Madinah Arab Saudi. Demam selfie rupanya tak hanya menjangkiti para remaja hingga selebriti dunia, jemaah haji yang tengah melaksanakan ibadah Umrah dan Haji di Tanah Suci pun juga turut terjangkit demam pamer foto jenis ini. Foto Selfie depan Kabah Jadi Trend Jamaah Umrah

Meski sebagian ulama telah melarang aktivitas narsis yang satu ini, nyatanya masih banyak jemaah haji yang nekat mengabadikan momen selfi di sela-sela pelaksanaan ibadah hajinya. Adapun 10 Lokasi Favorit Untuk Foto Selfie Saat Umrah dan Haji di Tanah Suci antara lain:

1. Masjid Nabawi
Masjid masjid yang didirikan Nabi Muhammad ketika tiba di Kota Madinah ini juga menjadi lokasi favorit para jemaah haji untuk melakukan selfie. Tak hanya Masjid Nabawi, biasanya para jemaah haji juga akan mengabadikan momen-momen saat mengunjungi makam Nabi Muhammad.

Artis Indonesia Berfoto Selfie di Masjid Nabawi
2. Raudah
Salah satu bagian Masjid Nabawi terkenal dengan sebutan Raudlah (taman surga). Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudlah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah swt. Raudlah terletak di antara mimbar dengan makam (dahulu rumah) Rasulullah S.A.W Diterima dari Abu Hurairah, bahwa Nabi S.A.W bersabda (yang artinya):

3. Momen Lempar Jumrah di Mina
Selain dua tempat penting tersebut, para jemaah haji juga gemar melakukan selfie pada momen melempar jumrah di Mina.

"Ini ibadah haji pertama saya, jadi penting bagi saya untuk mendokumentasikan semua peristiwa yang terjadi di sekitar saya," ujar Ali, 24 tahun, yang mengambil foto dirinya di dekat tanda hijau bertuliskan "Jumrah Aqabah (Jumrah besar)", seperti dilansir kantor berita AFP.

Tak hanya sekedar momen lempar jumrah di Mina, tahap-tahap kunci  ibadah haji seperti Tawaf -- mengelilingi Kabah di Makkah -- sampai berdoa di puncak Gunung Jabal Rahmah di padang Arafah juga menjadi momen favorite untuk melakukan selfie.

4. Padang Arafah
Melaksanakan wukuf di Padang Arafah adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh jutaan ummat Muslim yang melaksanakan ibadah haji. Lokasi Padang Araah ini tentu tak luput menjadi spot favorit para jemaah haji untuk berfoto selfie. Padang Arafah ini merupakan kawasan wilayah Arab Saudi yang terletak di sekitar 25 km dari kota Makkah.

5. Jabal Rahmah
Jabal Rahmah adalah bukit kecil yang terletak di sebelah timur Padang Arafah. Bukit ini disebut-sebut bagian dari kisah pertemuan cinta Adam dan Hawa. Bagi jamaah haji mengunjungi Jabal Rahmah ibarat pelengkap berhaji. Sebuah hadis Rasulullah SAW menerangkan, Jabal Rahmah adalah tempat mustajab dan makbul bagi orang yang memanjatkan doa layaknya Padang Arafah. Tak hanya memanjatkan doa, para jemaah haji juga menjadikan tempat ini sebagai lokasi favorit untuk berfoto selfie. 

6. Zam Zam Tower
Menara Tertinggi di Mekkah Ini Menjadi Hotel Terdekat dengan Masjidil Haram, Jamaah Umroh dan Haji Biasanya Foto Disini, Karena Merupakan Simbol Jika Sudah Berada di Mekkah.

7. Masjidil Haram
Tak hanya di Kabah, para jemaah haji juga menjadikan Masjidil Haram sebagai lokasi favorit untuk melakukan selfie. Masjidil Haram yang terletak di kota Mekkah ini dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka'bah, yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah Salat. Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar di dunia.

8. Mencium Hajar Aswad
Moment Mencium Hajar Aswad Paling Susah Sekali, Karena Harus Berebut dengan Jamaah Lain, Akan Tetapi Jika Anda Beruntung Maka Jamaah Umrah Backpacker Bisa Foto Selfie Sambil Pura-Pura Mencium Hajar Aswad.

9. Sai
Ibadah Sa'i merupakan salah satu rukun umrah yang dilakukan dengan berjalan kaki (berlari-lari kecil) bolak-balik 7 kali dari Bukit Shafa ke Bukit Marwah dan sebaliknya. Kedua bukit yang satu sama lainnya berjarak sekitar 405 meter. Ketika melintasi Bathnul Waadi yaitu kawasan yang terletak di antara bukit Shafa dan bukit Marwah (saat ini ditandai dengan lampu neon berwarna hijau) para jama'ah pria disunatkan untuk berlari-lari kecil sedangkan untuk jama'ah wanita berjalan cepat. Ibadah Sa'i boleh dilakukan dalam keadaan tidak berwudhu dan oleh wanita yang datang Haid atau Nifas.

10. Kabah
Kabah di Masjidil Haram menjadi primadona para jemaah haji untuk melakukan selfie. Biasanya, para pelaku selfie melakukannya disela-sela waktu sebelum ataupun sesudah salat.

Menurut Amir Marouf, seorang arsitek asal Mesir berusia 30 tahun, selfie merupakan sarana untuk mengabadikan ingatan dengan cara unik. Haji selama ini dipandang sebagai ibadah serius dan hanya buat orang tua. Selfie membuat haji tampak keren. Demikian seperti dilansir stasiun televisi Al Arabiya.

Sementara itu, bagi Mehmet Dawud, seorang mahasiswa asal Turki, foto selfie bisa dijadikan media komunikasi dengan keluarga dan teman-teman. "Saya berfoto selfie dengan latar belakang Kabah buat dipajang di Facebook supaya keluarga dan teman-teman bisa melihat. Begitulah cara kita berkomunikasi saat ini--tak perlu menelepon," katanya.

Buat Anda Penggemar Syahrini Yang Tidak Foto Selfie, Alhamdulillah Yah. Sesuatu

Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...