10 Tips Persiapan Umroh Backpacker

10 Tips dalam Persiapan Umroh Backpacker Bagi Para Calon Jamaah Umrah Murah dan Hemat Tanpa Travel Agen Tour Haji dan Umrah di Indonesia.

Umrah sendiri merupakan sebuah kegiatan ibadah yang dilakukan oleh kaum muslim di tempat suci yang bernama Makkah, dimulai dari niat dan mengambil miqot serta diakhiri dengan bertahallul. Ibadah umroh ini sering dijadikan pilihan alternatif ketika menunggu kuota haji yang sangat lama di Indonesia, sedangkan tiap tahun umur semakin bertambah seiring dengan berjalannya waktu.



Berikut adalah hal-hal yang harus Anda persiapkan jika Anda berencana menunaikan ibadah umroh secara backpacker:

1. Pakaian ihram

Pakaian Khusus Pria ini wajib Anda bawa karena menjadi syarat sahnya ibadah umroh. Pakaian ihram bagi laki-laki adalah 2 lembar kain yang tidak berjahit yang dipakai untuk bagian bawah menutup aurat, dan kain satunya lagi diselendangkan. Sedangkan pakaian wanita ihram adalah menutup semua badannya kecuali muka dan telapak tangan (seperti pakaian ketika sholat). Warna pakaian ihram disunatkan putih.

2. Paspor Indonesia

Cara Membuat Passport Indonesia, Untuk menghemat biaya umroh backpacker, buatlah paspor melalui jalur resmi jauh-jauh hari sebelum Anda menggunakannya. Jika Anda telah memiliki paspor, masa berlakunya tidak kurang dari 7 bulan dihitung dari waktu keberangkatan. Passport Hijau Indonesia dan E-Passpaort Dapat Di Gunakan Dengan Baik.

3. Mahram
Khusus Wanita, Mahrom akan ditanyakan ketika anda ingin membeli visa di travel dan tours umrah yang menjual visa umroh. jika anda tidak memiliki mahrom untuk pergi ke tanah suci, maka jalan keluarmya adalah membuat surat mahram. untuk membuat surat ini biayanya sekitar 300 - 500 ribu. biar lebih jelas silahkan diskusikan dengan travel yang menjual visa tersebut.

4. Kartu Kuning
kartu kuning bukti telah melakukan suntik imunisasi meningitis dengan biaya sekitar Rp 305.000 per orang untuk masa berlaku kartu kuning dua tahun. Alamat Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk Suntik Vaksin Meningitis. (dapat di peroleh pada hari kerja, Senin s/d Jum’at)

1. KKP Bandara Soekarno Hata, Cengkareng Telp. 5502277
2. KKP Bandara Halim Perdana Kusuma Telp. 8000166
3. KKP Pelabuhan Tanjung Priuk Telp. 43931045
4. KKP Pelabuhan Merak, Banten Telp. 0254-571083
5. Garuda Sentra Medika, Kemayoran Telp. 4241000
6. Serta di Seluruh Kantor Bandara di Seluruh Indonesia.

Persyaratan yang harus dilengkapi untuk mendapatkan vaksin meningitis beserta buku kuningnya:

1. Nama sesuai paspor dan no paspor
2. Fotokopi KTP
3. Membayar biaya vaksinasi

5. Visa Umrah

Untuk membuat visa umroh, Anda bisa bekerja sama dengan agen wisata umroh terdekat yang memiliki izin untuk menyelenggarakan perjalanan umroh atau biro travel lain yang bekerja sama dengan agen wisata tersebut.

6. Tiket pesawat

Tiket Pesawat Untuk Umrah Backpacker, Untuk pemesanan tiket pesawat, keputusan ada di tangan Anda sepenuhnya. Namun, untuk mendapatkan harga yang ekonomis, sebaiknya Anda memesan tiket jauh-jauh hari, 6-12 bulan sebelum keberangkatan. Disarankan pula Anda booking tiket saat low season untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Sebab, sebagaimana musim-musim wisata lain, musim umroh juga mengenal peak season dan low season-nya. Saat peak season harga tiket pasti lebih mahal dan bisa jadi biaya umroh backpacker justru menjadi lebih mahal karena harge tiket pesawat yang tinggi. Low season umroh terjadi pada bulan Februari hingga April.

7. Transportasi di Arab Saudi
Land Arrangement Arab Saudi, Ketika Anda mengajukan visa ke biro perjalanan umroh, mintalah petugas biro perjalanan untuk menjemput Anda di bandara. Setiap agen wisata umroh di Indonesia, dipastikan memiliki cabang atau rekanan di Arab Saudi. Jika tidak dijemput, petugas bandara tidak akan menigizinkan Anda meninggalkan bandara. Setelah dijemput oleh petugas dari biro perjalanan umroh, Anda bebas memilih transportasi selama di Arab Saudi. Anda bisa menyewa jasa travel-travel lokal. Atau, Anda juga bisa membayar jasa orang-orang Indonesia yang bekerja di sini yang juga bekerja secara part time untuk mengantar tamu-tamu umroh.

8. Penginapan Seperti Hotel dan Apartemen
Land Arrangement Arab Saudi, Untuk menghemat biaya umroh, lakukannlah pada saat low season, di Arab Saudi banyak hotel yang kosong, bahkan rumah penduduk pun banyak disewakan. Jadi, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan hotel atau tempat menginap jika Anda melaksanakan umroh pada saat low season. Hotel yang biasa digunakan oleh jamaah dari Indonesia, antara lain Mekkah (Burh Alam, Al Biston, Lavendar) dan Madinah (Ares Salam, Aiyor Taybab, Bodes Ilyas).

9. Makan dan Minum
Jika Anda tidak bisa menyantap makanan selain masakan Indonesia, jangan khawatir, di Arab Saudi Anda bisa mendapatkan masakan Indonesia dengan mudah. Namun, jika Anda bisa mengonsumsi jenis makanan apa saja, ada begitu banyak alternatif makanan yang dapat Anda pilih. Sebagai jamaah jenis ini anda juga tidak perlu khawatir mengenai bugdet. Sebab, harga makanan di Arab Saudi relatif terjangkau.

10. Pemandu / Muthowif
Jika Anda baru pertama menunaikan ibadah umroh, Anda tentu membutuhkan seorang pembimbing (Muthowif) untuk menjalankan ibadah ini dengan sebaik-baiknya. Untuk masalah ini pun Anda tidak perlu khawatir. Sebab, di Mekah banyak Muthowif yang siap membantu Anda menjalankan ibadah umroh. Anda bisa membayar jasa mereka untuk memberikan panduan mengenai rangkain ritual dalam ibadah umroh.

Demikianlah seluk-beluk umroh backpacker. Jika Anda adalah seorang yang memiliki jiwa petualang, dan ingin melaksanakan ibadah umroh, tetapi terkendala biayanya yang mahal, Anda dapat menjalankan ibadah ini secara backpacker. Namun, satu hal yang harus Anda ingat adalah tujan perjalanan. Tujuan Anda adalah untuk beribadah. Jadi, meskipun Anda menjalankannya secara backpacker, jangan sampai hal ini mengurangi fokus dan kekhusyukan Anda dalam beribadah.
Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...