20 Tempat Wisata Favorit di Arab Saudi

20 Tempat Wisata Favorit Saat Berada di Arab Saudi, Tempat Wisata Backpacker Umrah Ini Wajib Anda Kunjungi Selama Umroh atau Haji Berlangsung.

Berkunjung ke Arab Saudi untuk berwisata ataupun untuk pergi haji / umrah pasti adalah impian dan harapan semua umat muslim di dunia ini. 

Karena disini terdapat sejarah umat muslim yang paling kuat dan paling pekat. Kalau orang Indonesia biasanya pergi ke Arab kalau tidak pergi haji ya Umrah. Ada juga yang pergi ke Arab untuk mengadu nasib dengan bekerja disana. Sebelumnya Apakah Anda Sudah Membaca 10 Tempat Wisata di Mekkah Arab Saudi 



Terlepas dari itu, Saudi Arabia memiliki banyak sekali destinasi tujuan yang dapat Anda jadikan tempat wisata di Arab. Kali ini Koordinator Backpacker Umrah akan berbagi sedikit tempat tujuan yang paling populer di Arab.

1. Masjidil Haram

Selain menjadi lokasi untuk melakukan ibadah haji dan umrah, Masjidil Haram juga merupakan daya tarik tertentu bagi wisatawan dunia. Masjid yang berada di Kota Mekkah ini dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam di seluruh dunia dalam mengerjakan ibadah salat. Masjid yang merupakan masjid terbesar di dunia ini tentu saja tidak pernah sepi. Berjuta-juta umat muslim datang ke masjid ini untuk beribadah setiap tahunnya. Menurut sebuah hadits, apabila seorang Muslim melakukan satu kali salat di masjid ini, maka pahalanya setara dengan melakukan 100.000 salat di masjid lain. Baca Info Lengkapnya di Masjidil Haram Mekkah Arab Saudi

2. Masjid Nabawi

Masjid ini merupakan salah satu masjid terpenting yang ada di Arab Saudi, tepatnya di Kota Madinah.
Masjid ini dibangun oleh Nabi Muhammad dan menjadi masjid terbesar kedua di dunia setelah Masjidil Haram. Menurut hadits, apabila umat Muslim mengerjakan satu kali salat di masjid ini, pahalanya lebih besar dari seribu kali salat di masjid lain. Salah satu bagian Masjid Nabawi yang terkenal adalah Raudlah atau taman surga. Raudlah terletak di antara mimbar dan makam—yang dulunya merupakan rumah—Nabi Muhammad. Baca Lengkapnya 10 Fakta Menarik Masjid Nabawi Madinah Arab Saudi

3. Kota Al-‘Ula

Kota yang terletak di barat laut Arab Saudi ini merupakan sebuah situs kuno yang pernah menjadi pusat perdagangan. Situs ini diperkirakan sudah berumur lebih dari 2.000 tahun. Baca Info Lengkapnya di Kota Al Ula Pintu Gerbang Wisata Madain Saleh

4. Najd

Najd merupakan sebuah dataran tinggi—dengan ketinggian 762 hingga 1.525 meter—yang terletak di Riyadh. Najd merupakan tempat tinggal suku asli Arab yang masih tinggal di gurun dan berpindah-pindah. Baca Infonua di Dataran Tinggi Najd Riyadh Oase Baru Wisata Arab Saudi

5. Gua Hira

Gua Hira merupakan salah satu objek wisata utama di Arab Saudi. Gua yang terletak di Jabal Nur, sekitar dua mil dari Makkahh ini, merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW pertama menerima wahyu dari Allah melalui Malaikat Jibril. Gua yang terletak pada tebing menanjak yang agak curam  ini juga merupakan tempat menyendiri Nabi Muhammad dari masyarakat yang pada saat ini masih belum mengenal Allah. Gua Hira Tempat Wisata Saat Umroh dan Haji

6. Gunung Uhud

Gunung yang berada di sebelah utara Madinah ini memiliki ketinggian sekitar 1.077 meter. Gunung ini merupakan lokasi pertempuran antara kaum Muslim dan pasukan Mekah. Pertempuran yang disebut sebagai Pertempuran Uhud ini terjadi pada tanggal 23 Maret 526 M.

7. Masjid Quba

Masjid Quba merupakan salah satu masjid tertua di dunia. Masjid ini merupakan salah satu masjid yang didirikan oleh Nabi Muhammad dan para sahabtnya. Menurut hadits, dengan melakukan salat sunah dua rakaat, pahala yang didapatkan seorang Muslim setara dengan pahala ibadah Umrah. Masjid ini terletak di Madinah, Arab Saudi.

8. Dumat Al Jundal

Sebuah kursi Budaya kaya Arab Saudi, kota misterius ini disebutkan dengan nama "Adamatu" dalam catatan Asyur. Nama ini kota berarti "Duma Batu", setelah nama Duma, salah satu dari dua belas anak Ismail.

9. Jabal Al-Lawz

Jabal al-Lawz fitur yang paling populer tempat wisata di Saudi Arabia dan wilayah ini terkenal dengan flora dan fauna yang unik. Pengamat burung surga dan botani Eden, Jabal al-Lawz di Arab Saudi adalah memperlakukan untuk semua. Masukan pada gigi Anda trekking dan menyingsingkan lengan baju Anda saat Anda mempersiapkan diri untuk ekspedisi mempesona hidup Anda.

10. Masjid Jawatha

Masjid Jawatha terletak di Al Khilabiyah dan Anda harus melakukan perjalanan sekitar jarak 12 kilometer Utara timur dari Hofuf sebelum Anda benar-benar mencapai tempat ini. Masjid Jawatha di Arab Saudi dibangun di abad ke-7 oleh suku yang dikenal dengan nama Bani Abdul Qais yang menghuni daerah tersebut pada periode awal Islam.

11. Madain Shaleh

Madain Shaleh adalah kota kuno yang terletak di sebelah utara Hejaz, sekitar 25 kilometer dari Kota Al-‘Ula. Sekitar 3000 tahun sebelum Masehi, kota ini dihuni oleh Kaum Tsamud dan Nabatea yang hidup di antara zaman Nabi Nuh dan Nabi Musa. Di kota dengan luas 4.010 hektar ini terdapat sebanyak 131 monumen pemakaman dari batu. Yang menjadi daya tarik di situ s ini adalah adanya sisa-sisa peradaban Nabatean. Dalam sejarah, disebutkan terdapat banyak budaya yang menduduki situs tersebut. Tempat ini pun memiliki beberapa nama, seperti “Mada’in Saleh” yang berarti “Kota Saleh” (kotanya Nabi Saleh AS) dan ”Al-Hijr” yang berarti tempat berbatu. Madain Saleh merupakan tempat pertama di Arab Saudi yang masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Baca Info Lengkap Madain Saleh Tempat Wisata di Madinah Arab Saudi

12. Shuwaymus

Shuwaymus adalah satu lagi Carving Site Batu di Arab Saudi yang telah baru-baru ini ditemukan. Seni batu di tempat ini memberitahu kita banyak tentang domestikasi hewan di masa awal. Tempat ini telah menjadi rumah bagi orang-orang Neolitik dan Ukiran ini Site Arab Saudi Batu memberitahu Anda bahwa negara tidak selalu gurun dan telah mengalami banyak perubahan iklim.

13. Tayma

Tayma terletak di bagian timur laut dari Arab Saudi dan catatan sejarah menunjukkan bahwa tempat ini telah menjadi permukiman Yahudi makmur, terdiri dari bangunan-bangunan megah dan banyak sumur dan sumber air lainnya. Pada abad ke-7 SM, Tayma di Arab Saudi telah menjadi tempat yang sangat menonjol dan kami memiliki namanya disebutkan dalam Perjanjian Lama dalam kitab Yeremia.

14. Junnat al-Baqi

Junnat al-Baqi merupakan sebuah pemakaman yang terletak di Madinah, tepatnya di sebelah tenggara Masjid Nabawi. Di pemakaman ini, terbaring para kerabat dan sahabat Nabi Muhammad.

15. Jamarat Bridge

Jamarat Bridge di Arab Saudi adalah tempat yang harus dilihat tidak hanya untuk umat Islam tetapi juga bagi mereka yang termasuk agama lain karena memiliki tempat yang sangat signifikan dalam di antara tempat-tempat wisata menarik di Arab Saudi. Panduan Wisata Anda di Arab Saudi tidak bisa tanpa nama Jamarat Bridge.

16. Jabal Magnet

Jabal Magnet atau yang juga dikenal sebagai Lembah Jin merupakan sebuah lembah yang menjadi lokasi “atraksi pariwisata”. Fenomena yang terkenal dari lokasi ini adalah adanya “pertentangan gravitasi”. Jabal Magnet berada di luar daerah haram sehingga bebas untuk dikunjungi warga non muslim. Kawasan perbukitan ini diyakini memiliki daya dorong. Apabila Anda mengunjungi tempat ini, sebaiknya Anda membawa atau menyewa mobil. Kemudian Anda dapat membuat persneling mobil Anda dalam keadaan netral. Mobil Anda akan secara perlahan-lahan “tertarik” dan berjalan dengan sendirinya dan lama-kelamaan mobil Anda akan melaju semakin cepat, bahkan bisa melebihi 120 kilometer per jam.

17. Pasar Bab Mekkah

Ketika Anda mengunjungi sebuah negara, Anda pasti ingin membeli suvenir atau sekedar barang khas sana untuk dibawa pulang. Pas Bab Mekah merupakan salah satu pasar tradisional yang bisa Anda kunjungi. Pasar ini berlokasi di Suhaifa dan dibuka setiap pagi kemudian tutup saat menjelang Dzuhur. Pasar ini merupakan salah satu lokasi favorit para wisatawan karena barang-barang yang dijual lengkap dan terbilang murah apabila dibandingkan dengan pasar atau pusat perbelanjaan di tempat lain. Baca Info Pasar Lainnya di 10 Tempat Wisata Belanja di Arab Saudi

18. Padang Arafah 

Arafah merupakan tempat yang sangat penting pada ibadah Haji, dimana di Arafah ini jama’ah haji harus melakukan Wukuf. Wukuf merupakan rukun Haji dan tanpa melaksanakan Wukuf di Arafah maka hajinya tidak sah.

Keadaan di Arafah ini merupakan replika di Padang Mahsyar saat manusia dibangkitkan Allah SWT pada hari yang tak diragukan lagi. Saat itu semua manusia sama dihadapan Allah SWT., yang membedakan hanyalah kualitas imannya.

19. Pasar Kurma Madinah

Madinah merupakan kota dengan penjualan produk yang terbilang mahal. Namun, apabila Anda mencari kurma, Anda cukup datang ke Pasar Kurma Madinah. Pasar ini menjual berbagai jenis kurma yang harganya juga bervariasi, mulai dari 30 Riyal hingga 90 Riyal. Di pasar ini Anda juga dapat menemukan berbagai macam biskuit yang terbuat dari bahan dasar kurma. Pasar ini dibuka sejak pukul 07.00 dan tutup pada pukul 23.00 pada musim haji.

20. Pasar Zakfariah

Pasar yang terletak hanya sekitar satu kilometer dari Masjidil Haram ini disebut juga sebagai “pasar borong”. Pasar tradisional ini menjual berbagai kebutuhan ibadah hingga perhiasan emas dan barang-barang elektronik. Kebanyakan pedagang dapat berbahasa Indonesia sehingga memudahkan pembeli dalam bertransaksi.

Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...