5 Tips Belanja Hemat Saat di Jeddah Arab Saudi

5 Tips Belanja Hemat Saat di Jeddah Arab Saudi Bagaimana Mendapatkan Barang-Barang Dengan Harga Murah dan Miring Selama di Arab Saudi.

Belanja di Jeddah memang terasa menyenangkan. Barang yang ditawarkan bagus-bagus dengan harga yang relatif murah, tidak jauh berbeda dengan harga-harga di tanah air. Jumlah toko juga tidak sedikit, sehingga pengunjung memiliki banyak alternatif pilihan dan dapat leluasa memilih barang sesuai dengan kehendaknya. Sebelumnya Kamu Sudah Belum Membaca Informasi Tentang Tips Belanja Murah Saat Umrah dan Haji

Para pedagang di Tanah Suci di Kota Madinah dan Mekkah Arab Saudi mahir menggunakan Bahasa Indonesia. Hal ini terbukti saat aktivitas jual beli terjadi antara jemaah Indonesia dengan pedagang asli Arab, komunikasinya menggunakan Bahasa Indonesia.


Oleh karena hal-hal tersebut, para jemaah senang berbelanja di Jeddah. Agar kegiatan berbelanja Anda semakin terasa menyenangkan dan tidak menyesal dengan apa yang anda beli, tips tips berikut mungkin bisa membantu anda.


  1. Tips yang pertama dan yang paling mendasar adalah perhatikan terus tas dan barang berharga anda. Terutama apabila anda berbelanja di kawasan Balad. Kawasan ini selalu ramai pengunjung dan tak jarang para jemaah akan berdesakkan dengan pengunjung lain. Bila memakai tas selempang, sebaiknya di selempang ke depan. Kalau memakai tas ransel juga sebaiknya pindahkan ke depan. Walaupun di Jeddah jarang terjadi pencurian karena masyarakatnya takut akan dosa di akhirat dan hukuman Qisas, tidak ada salahnya jika anda tetap berhati-hati.
  2. Tips yang kedua adalah cermat dalam memilih barang yang akan anda beli. Barang-barang yang dijual di kawasan Balad hampir semuanya buatan impor. Barang buatan Cina biasanya berkualitas tidak terlalu bagus, tetapi harganya cukup murah. Barang-barang buatan Turki atau India biasanya berkualitas bagus, tetapi harganya lumayan mahal. Apabila anda ingin membeli barang-barang yang tidak terlalu bernilai dan merupakan buatan Cina, jangan mau apabila dikasih harga yang mahal. Selalu perhatikan baik-baik barang yang anda inginkan berasal dari negara mana sehingga anda tidak merasa tertipu setelah anda membeli barang tersebut.
  3. Tips yang ketiga hampir sama dengan tips yang kedua yaitu memperhatikan kualitas, keaslian dan detail barang yang anda inginkan. Di kawasan Balad ada beberapa toko yang menjual barang-barangdengan kualitas KW, bahkan ada juga yang palsu, walaupun jumlahnya tidak sebanyak dan se-meriah di Indonesia. Jenis barang KW dan yang paling banyak dipalsukan adalah parfum, jam tangan, tas, dan barang-barang bermerk. Bila anda bukan tipe orang yang suka dengan barang berkualitas KW, maka pastikan toko yang anda masuki bukan toko yang menjual barang KW dan selau cek baik-baik keaslian barang. Jika perlu, tanya saja ke penjual apakah barang tersebut asli atau tidak. Bila bepergian dengan tur, anda bisa bertanya melalui tour guide anda.
  4. Tips keempat adalah hindari datang ke kawasan Balad ketika atau mendekati waktu shalat wajib tiba. Para pedagang di Arab Saudi, terutama di Jeddah, sangat menghargai waktu shalat. Ketika adzan berkumandang, hampir seluruh toko tutup dan ditinggal oleh pemiliknya untuk menunaikan shalat. Jika anda terpaksa datang pada waktu shalat tiba, anda bisa ikut menunaikan shalat terlebih dahulu di salah satu masjid yang berada di Kawasan Balad. Seperti masjid di Arab pada umumnya, ruang shalat untuk wanita dan laki-laki biasanya terletak secara terpisah. Pedagang di Arab Saudi pandai dalam hal merayu pembeli barang dagangannya. Semua cara berani mereka tempuh, mulai dari berbicara kata-kata rayuan dalam bahasa asing, menyiapkan makanan dan minuman kecil untuk para pengunjung di setiap toko, sampai terkadang ada beberapa pedagang yang sampai menarik lengan baju atau tangan pembeli. Bagi anda yang wanita tidak usah khawatir karena para pedagang ini hanya berani menarik tangan laki-laki. Cara mensiasati agar anda tidak keburu dirayu oleh pedagang adalah dengan curi-curi pandang ke arah dagangan mereka. Bila ada satu barang yang benar-benar terlihat menarik bagi anda, barulah anda mendekati penjual dan barang dagangannya tersebut. Ketika sedang tawar menawar dengan pedagang, sebaiknya anda jangan memasang muka memelas dan “mau banget”. Jika para pedagang sadar bahwa anda ingin sekali barang tersebut, mereka akan kekeuh dengan harga yang mereka inginkan. Bila mereka tetep kekeuh dan tidak mau menurunkan harga barangnya, anda bisa pura-pura menjauh dan pergi ke toko lain. Biasanya mereka akan “luluh” dan berusaha untuk memanggil anda supaya kembali untuk membeli barang dagangan mereka. Bila tawar menawar tidak mencapai kesepakatan dan anda tetap tidak setuju dengan harga yang ditawarkan, coba lah cari alternatif toko lain. Percaya lah, ada banyak toko di kawasan Balad yang setipe, mulai dari bentuk toko sampai barang yang dijual.
  5. Tips yang kelima adalah hindari berbelanja pada siang hari. Cuaca di Arab Saudi pada siang hari biasanya sangat panas dan terik. Cuaca panas dapat membuat anda cepat lelah sehingga dapat mengganggu kegiatan berbelanja anda.

Apabila anda terpaku dengan agenda dari tur yang anda ikuti, ya, apa boleh buat. Tetapi bila anda memiliki banyak waktu bebas, sebaiknya pergi kawasan Balad atau Tahli Street pada waktu siang menjelang sore atau sore menjelang malam. Selain terhindar dari panasnya matahari, lampu-lampu yang berada di kawasan Balad atau di sepanjang jalan Tahlia juga terlihat lebih indah pada malam hari.

Selanjutnya oleh-oleh yang dibawa bersama jamaah dengan pesawat. Demikian 5 Tips Belanja Hemat Saat di Jeddah Arab Saudi semoga bermanfaat bagi anda yang berniat datang ke tanah suci untuk berhaji ataupun untuk berumrah.
Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...