Ini Dia Rukun Umroh Yang Wajib Kamu Tahu

Ini Dia Rukun Umroh Yang Wajib Kamu Tahu, Suatu Prosesi Prosedur Wajib dalam Melaksanakan Ibadah Umrah di Tanah Suci Arab Saudi.

Rukun Umroh merupakan rangkaian ibadah yang wajib dilakukan dalam pelaksanaan Umroh. Bagi Anda Umroh Backpacker Yang Tidak Di Dampingi oleh Travel Agent, Tidak Ada Salahnya untuk membaca Artikel Rukun Umrah Sebelum Manasik Umrah. Ibadah Umroh tidak sempurna kecuali dengan menyempurakan semua rukun Umroh. Untuk 


Jika salah satu dari rukun-rukun Umroh tersebut tidak dikerjakan, maka Ibadah Umroh nya tidak sah. Syarat untuk mengerjakan umrah sama dengan syarat untuk mengerjakan haji:

Beragama Islam
Baligh, dan berakal
Merdeka
Memiliki kemampuan, adanya bekal dan kendaraan
Ada mahram (khusus bagi wanita)

Sedangkan Rukun Umroh adalah :

Ihram, berniat untuk memulai umrah
Rukun Umroh yang pertama adalah Ihram, yaitu: niat melakukan ibadah umroh dengan mengucapkan talbiah dan diharuskan mengenakan pakaian Ihram. Ihram ini dilakukan setelah sampai di miqot. Bagi laki-laki talbiah dibaca dengan keras sedangkan bagi wanita mengucapkannya dengan suara pelan. Selama ihram ini perbanyaklah bacaan talbiah, dzikir dan istighfar.

Larangan saat melaksanakan ihram :

  • Tidak diperbolehkan memotong dan mencabut sebagian atau keselruhan rambut, tidak boleh memotong kuku, tidak boleh menggaruk kulit sampai terkelupas dan mengeluarkan darah.
  • Tidak diperbolehkan mengenakan parfum, termasuk parfum yang terdapat pada sabun mandi.
  • Tidak diperbolehkan membikin gaduh, seperti bertengkar.
  • Tidak diperbolehkan bermesraan meskipun dalam ikatan yang resmi.
  • Tidak diperbolehkan bersetubuh antar pasangan resmi.
  • Tidak diperbolehkan berkata-kata kotor.
  • Tidak diperbolehkan melakukan pernikahan.
  • Tidak diperbolehkan berburu binatang atau membantu berburu binatang liar.
  • Tidak diperbolehkan membunuh binatang liar atau pun binatang pelliharaan (kecuali mengancam jiwa), memotong atau mencabut tumbuh-tumbuhan yang masih hidup dan segala hal yang mengganggu kehidupan mahluk.
  • Tidak diperbolehkan memakai make-up.
  • Pria tidak diperbolehkan  : memakai penutup kepala (topi, sorban,dsb), memakai pakaian yang terdapat jahitannya dan tidak boleh memakai alas kaki yang menutup mata kaki.
  • Wanita tidak diperbolehkan : menutup wajah dan tidak boleh menutup telapak tangan mengenakan apa pun.

Thawaf
Thawaf adalah berjalan mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh putaran. Apabila anda telah sampai di Makkah lakukan Thawaf di Ka’bah sebanyak tujuh putaran dimulai dari Hajar Aswad dan berakhir di Hajar Aswad pula.

Sa'i
Sa’i adalah berjalan diantara Shafa dan Marwah pulang pergi sebanyak tujuh kali dengan niat Ibadah. Dimulai dari bukit Shafa menuju bukit Marwah (dihitung satu kali) dilanjutkan ke bukit Shafa (dihitung satu kali) sehingga yang ketujuh akan berakhir di bukit Marwah. Ibadah Sa’i diakhiri dengan Tahalluh atau potong rambut.

Adapun wajib umrah yang perlu kamu tahu adalah:

Melakukan ihram ketika hendak memasuki miqat, Ihram ini dilakukan setelah sampai di miqot. Bagi laki-laki talbiah dibaca dengan keras sedangkan bagi wanita mengucapkannya dengan suara pelan. Selama ihram ini perbanyaklah bacaan talbiah, dzikir dan istighfar.

Bertahallul dengan menggundul atau memotong sebagian rambut, Dengan dilakukannya tahallul maka berakhirlah rangkaian ibadah Umroh, dan selanjutnya anda boleh melakukan hal-hal yang tadinya menjadi larangan Ihram.

Tertib
Harus dilakukan step by step dengan teratur dan rapi.

Sangat sederhana sekali, kita harus paham amalan ini sehingga kita bisa beribadah dengan tenang dan khusu’. Walaupun inti ibadah sangat sederhana, kita masih perlu jamaah, rombongan, atau teman yang menemani perjalanan umroh kita. Kalau kita punya pasangan bawalah pasangan kita, semoga semuanya akan menjadi baik.

Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...