Syarat, Rukun, Wajib Umroh dan Tipe-Tipe Umrah

Bagaimana Syarat Umroh, Rukun Umroh, Wajib Umroh dan Tipe-Tipe Umrah Yang Ada dan Berdasarkan Syariat Agama Islam. 

Syarat Umroh, Rukun Umroh, Wajib Umroh dan Tipe-Tipe Umrah Merupakan Artikel Wajib Yang Kamu Tahu Sebelum Melaksanan Umroh atau Haji. Baca Juga Tata Cara Umroh Yang Baik dan Benar Agar Kamu Lebih Master dalam Ibadah Suci Ini.



Syarat-Syarat  Umroh :
  • Muslim (umroh hanya boleh dilakukan oleh umat islam).
  • Berakal (dalam keadaan sadar atau tidak gila).
  • Baligh (sudah dewasa, laki-laki salah satunya ditandai dengan mimpi basah sementara perempuan ditandai dengan menstruasi ).
  • Mampu (mampu dalam arti mampu biaya dan mampu dalam kedaan fisik atau kesehatan, terdapat kendaraan yang siap mengantar umroh dan juga keamanan dalam ari keselamatan jiwa).
  • Ada Mahram (Khusus Wanita)


Ini Dia Rukun Umroh Yang Wajib Kamu Tahu, Rukun Umroh Akan Di Jelaskan Berikut :
  1. Ihram (Niat bagi kaum muslim yg hendak menunaikan ibadah haji atau umroh di Tanah suci Mekah dengan menggunakan pakaian ihram. Pakaian ihram berbeda dengan pakaian yang seperti biasanya, pakaian ihram yaitu kain putih tanpa jahitan yang hanya dililitkan di tubuh dan kadang disebut juga dengan pakaian suci).
  2. Tawaf (Mengitari Ka'bah sebanyak 7 putaran).
  3. Sai (berlarian kecil Shafa – Marwah sebanyak tujuh kali ).
  4. Tahallul (mencukur rambut kepala atau memotong sebagian).
  5. Tertib.

Keterangan:
  • Meninggalkan rukun, maka umrahnya tidak sempurna dan wajib diulangi
  • Meninggalkan kewajiban, umrah tetap sah dan kesalahan tersebut (meninggalkan kewajiban) bisa ditutupi dengan DAM
  • Bersetubuh sebelum tahallul maka wajib membayar seekor kambing
Wajib Umroh adalah hanya Ihram dari miqat
  • Sebelum berangakat mrnaiki pesawat, mandi terlebih dahulu kemudian mngenakan wangi-wangian.
  • Bagi pria memakai kain ihram yang sudah ditentukan, dua helai kain yang tidak dijahit mengurung, satu helai kain untuk pengganti celana, yang sehelai lagi untuk selendang. Bagi perempuan pakaian ihramnya biasa saja.
  • Menjelang tiba di miqat (Qarnulmanazil), lakukan shalat sunnah dua rakaat (sunat at au wajib).
  • Tepat di Qarnulmanazil (miqat), kurang lebih 25 menit sebelum pesawat mendarat di Lapangan Terbang King Abdul Aziz Jeddah, kita mulai berihram, dengan niat umroh yang ikhlas dan tulus tanpa ada paksaan serta mengucapkan talbiyah.

Tipe-Tipe Umroh, Terdapat beberapa tipe umrah, yang umum adalah umrah yang digabungkan dengan pelaksanaan haji seperti pada haji tamattu, adapula umrah yang tidak terkait dengan haji.  yaitu :
  1. Umroh Mufradah adalah umroh yang tidak ada kaitannya dengan ibadah haji yang dapat dikerjakan selama ada niat atau kemauan dan kemampuan bagi setiap umat muslim serta dengan waktu yang tidak terikat.
  2. Umroh Tamattu' adalah umroh yang dilaksanakan terlebih dahulu dan setelah itu selesai kemudian melaksanakan ibadah haji.
  3. Umroh Sunnah , salah satu unsur beribadah yang terpenting adalah Niat yang ikhlas dan tulus karena Allah SWT, meskipun umroh hukumnya sunnah bagi yang mampu, jangan sampai disia-siakan karena umroh merupakan salah satu ibadah yang memakai dana tidak sedikit, menghabiskan waktu yang panjang dan tenaga yang banyak. Mengunjungi Tanah suci Makkah merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT dan mengandunng Fadillah yang sangat besar.
Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...