10 Tempat Wisata Unik di Kota Cirebon

10 Tempat Wisata Unik di Kota Cirebon Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Kabupaten Cirebon Jawa Barat Untuk Sekedar Jalan-Jalan Backpacker atau Travel Ke Obyek Wisata di Kota Cirebon.

Setelah Sebelumnya Kamu Sudah Membaca 10 Tempat Wisata Menarik di Kota Cirebon. Kota Cirebon sendiri salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini berada di pesisir utara Pulau Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura yang menghubungkan Jakarta-Cirebon-Semarang-Surabaya.

Tahukah Kamu? Jika Kota Cirebon berada di daerah pesisir Laut Jawa. Berdasarkan letak geografisnya, wilayah Kabupaten Cirebon berada pada posisi 6°30’–7°00’ Lintang Selatan dan 108°40’-108°48’ Bujur Timur. Bagian utara merupakan dataran rendah, sedang bagian barat daya berupa pegunungan, yakni Lereng Gunung Ciremai. Letak daratannya memanjang dari barat laut ke tenggara.

Berikut Ini 10 Tempat Wisata Unik di Kota Cirebon Yang Wajib Kamu Datangi di Salah Satu Kota Wali Songo Ini:

1. Kampung Batik Trusmi

Kampung Batik Trusmi adalah salah satu pusat industri dari pembuatan batik dan wisata kuliner yang berda di Cirebon. Tidak hanya wisatawan local yang dating kesana, tetapi para pelancong dari berbagai mancanegara seperti Jepang, Amerika, Australia dan lain-lain. Kampung Batik Trusmi ini terletak di Kecamatan Plered di Kabupaten Cirebon, yaitu, sekitar 4 km dari Kota Cirebon kearah barat menuju Kota Bandung.



Di Kampung Batik Trusmi dan sekitarnya terdapat 3000 tenaga kerja atau pengerajin batik. Tenaga kerja batik tersebut berasal dari beberapa daerah yang ada di sekitar desa Trusmi, seperti dari desa Gamel, Kaliwulu, Wotgali, dan Kalitengah. Di Desa Trusmi dan Panembahan, dapat dijumpai banyak home industry yang menjual batik khas Cirebon. Sentra batik ini akan lebih ramai pada akhir pekan oleh pembeli yang datang dari luar kota dan luar negeri. Motif batik yang terkenal dari kawasan ini adalah motif Mega Mendung.

2. Wisata Jajan di Pasar Kue Setu

Nama Pasar Kue Setu ini terletak di Plered. Kue-kue yang dijual sudah hamper ke seluruh Indonesia dan kebayakan berupa cemilan ini di produksi oleh industri rumahan di Desa Setu dan sekitarnya. Cemilan khas Cirebon ini sangat cocok dijadikan sebgai oleh-oleh yang mayoritasnya bernama unik-unik diantaranya, kerupuk kulit kerbau/rambak, kerupuk melarat, kerupuk geol, kerupuk upil, kerupuk gendar, kerupuk jengkol, jagung marning, rengginang mini, emping, kelitik, kue atom, maypilow, kembang andul, ladu, simpil, gapit, otokowok, opak, welus, sagon, dan masih banyak lagi.



Di sekitar Plered ini banyak pula ditemui penjual sandal karet, yang penjualannya sudah menyebar ke seluruh nusantara.

3. Makam Sunan Gunung Djati

Makam Sunan Gunung DJati adalah satu tempat wisata religi yang dulunya salah satu diantar Sembilan orang penyebar agama islam di Indonesia yang terkenal di Pulau Jawa dengan sebutan yaitu Wali Sanga. Wali Sanga adalah cucu dari seorang yang bernama Imam Husain. Pada masa kejayaannya Sunan Gunung Jati dikenal juga sebagai pemimpin rakyat karena beliau pernah menjadi raja di Kasultanan Cirebon pada masa itu, bahkan sebagai Sultan pertama Kasultanan Cirebon yang dulunya Keraton Pakungwati.



Lokasi Kompleks Makam Sunan Gunung Jati memiliki lahan seluas 5 Ha, terletak di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Jaraknya kira-kira 3 km sebelah utara Cirebon.  Selain tempat utama untuk peziarah, kompleks ini juga dilengkapi tempat pedagang kaki lima, alun-alun, lapangan parkir, dan fasilitas umum lain. Makam Sunan Gunung Jati mempunyai 2 kompleks diantaranya, Kompleks Makam Sunan Gunung Jati yang berada di Gunung Sembung yang terdiri dari 500 makam yang terletak di sebelah barat Jln. Raya Cirebon-Karangampel-Indramayu. Dan yang kedua berada di Kompleks Makam Syekh Dathul Kahfi di Gunung Jati, berada di timur jalan raya.

4. Situs Lawang Gede

Situs Lawang Gede adalah tempat bersejarah peninggalan kerajaan Singapura berupa sebuah lawang atau yang di bahasa Indonesiakan dengan Pintu. Kerajaan Singhapura mengalami puncak kejayaan pada masa pemerintahan Ki Jumajan Jati atau dikenal dengan Ki Ageng Tapa. Pada tahun 1401, berdasarkan catatan sejarah yang ditulis oleh P. Arya Carbon Raja Giyanti(P.Roliya Martakusuma), pelabuhan Muara Jati mendapat kunjungan armada besar dari China yang dipimpin oleh Cheng Hwa.



Situs Lawang Gede ini merupakan pintu terbesar yang digunakan sebagai pintu gerbang kerajaan, Lawang Gede itu tersimpan pada sebuah bangunan yang dihiasi berbagai piring antic pada dindingnya. Dari Lawang Gede tidak jauh terdapat sebuah Jambang atau tempat air kuno yang dihiasi berbagai macam korai terumbu karang yang sekelilingnya menurut kepercayaan masyarakat disana air Jambang tersebut memberikan berkah dan keinginan, sehingga banyak wisatawan yang berziarah kesana atau berwisata kesana sengaja untuk meminta berkah dan semoga keinginannya terkabulkan. Letak Situs Lawang Gede terdapat di Desa Mertasinga, kecamatan Gunungjati jl. Sunan Gunung jati, kabupaten Cirebon.

5. Klenteng Talang

Dibangun pada tahun 1417, Klenteng Talang yang berlokasi di Jalan Talang, Kampung Keprabon Kelurahan Lemahwungkuk Kecamatan Lemahwungkuk Kota Cirebon menjadikannya sebagai salah satu klenteng tertua di wilayah Cirebon. Klenteng Talang pada mulanya didirikan oleh Sam Chai Kong, seorang keturunan Cina yang beragama Islam pada abad ke-14.



Pada awal pendiriannya, Klenteng Talang digunakan sebagai tempat perkumpulan bagi orang-orang keturunan Cina yang kurang mampu dan sebagai tempat menginap gratis bagi para musafir. 

Cermin kerukunan beragama memang sudah ditunjukkan warga sekitar Klenteng Talang sejak awal berdirinya. Dan mengenai persiapan Imlek tahun ini, Subagyo mengatakan, pihaknya akan menggelar serangkaian acara peribadatan, pentas barongsai dan ditutup dengan pesta kembang api. 

Selain Itu Ada  2 tempat ibadah lainnya bagi umat Budha dan Konghucu.Ketiga tempat tersebut dapat bila kita kunjungi merupakan bangunan kuno yang bergaya arsitektur klasikTiongkok
Ketiga Bangunan Vihara tersebut yaitu :

  • Vihara Dewi Welas Asih (16580 disebut juga Klenteng Tay Kak Sie, letaknya 50m dari Pintu Pelabuhan Muara Jati I
  • Kuil Pemancar Keselamatan (2351 Imlek) disebut jug Klenteng Bun San Tion, letaknya + 150 dari Klenteng Talang kearah Barat daya dan terletak di Jl Kanoman.

6. Taman Sari Gua Sunyaragi

Tempat wisata ini berada di Kelurahan Sunyaragi, Kesambi. Nama taman ini berasal dari dua kata bahasa Sansekerta yaitu ‘sunya’ yang berarti sepi dan ‘ragi’ yang berarti raga. Lokasi ini dahulu memang digunakan oleh raja dan keluarganya sebagai tempat mencari ketenangan.



Ada dua bangunan utama yaitu pesanggrahan dan gua. Di dalam pesanggrahan terdapat beberapa ruangan seperti ruang tidur dan ruang rias. Yang menarik adalah bangunan gua yang dari luar terlihat seperti candi. Bagian dalamnya menyerupai gua karena ada banyak lorong dan berbentuk mirip labirin. Selain rindangnya pepohonan untuk beristirahat, di sekitar tempat wisata ini terdapat banyak saung kecil yang menjual makanan dan suvenir khas Cirebon.

7. Situs Pejambon

Di Blok Pejambon Lor, Kelurahan Pejambon, Kecamatan Sumber berjarak sekitar 3 km sebelah timur laut Sumber, terdapat tinggalan arkeologis berupa sekumpulan arca sebanyak 27 figur dengan berbagai wujud. Dahulu kumpulan arca ini berada di bawah pohon mangga pada pekarangan rumah salah satu penduduk yang bernama Bapak Tarsidi. Salah satu arca ada yang bentuknya mirip dengan tokoh pewayangan Semar. Karena arca tersebut masyarakat memberi nama situs Watu Semar.



Pada waktu ini arca-arca tersebut telah dikumpulkan di bangunan permanen (cungkup) berukuran 5,3 x 5,3 m yang didirikan oleh pihak Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Serang. Bangunan ini berada di tepi jalan desa tepatnya pada koordinat 060 44' 255" Lintang Selatan dan 1080 30' 154" Bujur Timur. Sekitar bangunan merupakan sawah pada pedataran rendah. Bentuk arca yang terdapat di Situs Watu Semar ini tidak proporsional. Bentuk tangan dan kaki semuanya digambarkan melekat ke badan yang ditampilkan dengan memberikan batas goresan saja, sehingga tangan dan kaki itu hanya berbentuk pahatan bas relief. Selain itu bentuk wajah sangat sederhana. Menurut keterangan Bapak Raden Mas Subagyo, sebagai pemelihara situs tersebut, dikatakan bahwa arca-arca yang berbentuk Gane├ža, Siwa, Punokawan, figur wanita, Lingga, dan Yoni merupakan arca kuno. Sedangkan arca-arca yang lain merupakan buatan pada masa yang lebih kemudian. 

8. Taman Ade Irma Suryani Nasution

Taman Ade Irma Suryani Nasution merupakan taman rekreasi terbesar yang ada di kota ini. Pada awalnya, taman ini bernama Traffic Garden Cirebon dan menjadi tempat wisata di Cirebon yang paling banyak dikunjungi. Pada tahun 1966, taman ini berubah nama menjadi Taman Ade Irma Nasution.



Tempat wisata ini cocok sekali dikunjungi bersama keluarga. Di sini, ada tempat bermain anak dan kebun binatang mini. Karena lokasinya yang berdekatan dengan pelabuhan Cirebon, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai. Selain itu, ada pertunjukan musik dan seni yang rutin diadakan setiap hari Minggu dan hari libur nasional di panggung yang telah disediakan.

9. Keraton Kacirebonan

Berbeda Dengan Keraton Kanoman dan Keraton Kasepuhan, Kraton Kacerbonan berada di wilayah kelurahan Pulasaren Kecamatan Pekalipan, tepatnya 1 Km sebelah barat daya dari Kraton kasepuhan dan + 500 m senelah selatan Kraton Kanoman.



Kraton Kacerbonan sebenarnya merupakan sempalan atau pemekaran dari Kraton Kanoman. Pemekaran tersebut terjadi setelah Sultan anom IV yakni PR Muhammad Khaerudin wafat, Putra Mahkota yang seharusnya menggantikan tahta diasingkan oleh Belanda ke Ambon karena dianggap sebagai pembangkang dan membrontak belanda. Ketika kembali dari pengasingan tahta sudah diduduki oleh PR. Abu sholeh Imamuddin. Atas dasar kesepakatan keluarga, akhirnya PR Anom MAdenda membangun Istana Kacerbonan, kemudian muncullah sultan Carbon I sebagai Sultan Kacerbonan pertama.

10. Situs Kali Jaga

Situs ini terletak di Kelurahan Kalijaga, Harjamukti jaraknya hanya berkisar + 600 m ke arah selatan. Situs ini di sebut juga dengan Taman Kera Kalijaga. Karena disitus ini terdapat banyak sekali kera yang telah beradaptasi dengan pengunjungnya. Menurut cerita orang yang terdahulu bahwa kera-kera ini berasal dari jelmaan para pengikut Sunan Kalijaga yang tidak patuh terhadap ajaran Rosulullah. Dan situs ini merupakan petilasan sunan Kalijaga ketika beliau melaksanakan penyebaran agama islam di Cirebon.



Jalan dengan yang ditutup dengan paving block menuju ke lokasi Petilasan Sunan Kalijaga, yang berjarak kurang dari 100 meter dari tepian jalan, tempat dimana kendaraan diparkir. Di sebelah kiri adalah sebuah sungai yang memisahkan jalan dengan Hutan Kalijaga, tempat dimana hidup sekelompok kera ekor panjang.

Hutan Kalijaga kabarnya merupakan satu-satunya wilayah konservasi hutan yang masih tersisa di Cirebon. Meskipun di hutan Kalijaga ini hidup sekitar 50 ekor monyet ekor panjang, namun tidak banyak yang keluar ke jalanan ketika kami datang. Populasi monyet ini tampaknya mulai menurun.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Bpk Baktiar
AUTHOR
13 September 2015 at 22:30 delete

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka [3927] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 870 JUTA , wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]


ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D



DAN PESUGIHAN TUYUL

Reply
avatar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...