10 Tips Backpacker Hemat Murah di Mumbai

10 Tips Panduan Cara Liburan Murah Ala Backpacker Agar Hemat Selama Traveling di Mumbai India Bagi Para Turis Wisatawan Asal Indonesia Yang Memiliki Budget Terbatas Ke Kota Mumbai India

Berbeda dengan kota lainnya di India seperti New Delhi, Agra, Jaipur, Varanasi bahkan Kalkuta, di Mumbai tidak begitu banyak ditemukan objek wisata yang menggagumkan seperti Taj Mahal dan Baby Taj di Agra, Kutub Minar dan Red Ford di Delhi serta Jantar Mantar dan Hawa Mahal di Jaipur.



Mumbai sendiir merupakan kota terbesar di India yang sekaligus menjadi ibukota negara bagian Magarashtra. Kota ini pun menjadi kota metropolitan terbesar keempat di dunia. Jika Anda berlibur ke India, akan kurang pastinya jika Anda belum berkunjung ke Mumbai. Di kota Mumbai Anda akan mendapati beberapa objek wisata yang cukup menarik.

Di Mumbai beberapa objek wisata yang menarik dan menjadi destinasi pelancong diantaranya adalah Gateway of India, hotel Taj Mahal yang terkenal dengan kemegahannya, Elephanta Caves dimana terdapat gua dengan pilar dan patung yang dipahat, setasiun kereta api Chhatrapati Shivaji Terminus yang mempunyai ciri khas bangunan bergaya Victoria dan tentu saja Mumbai dengan industri filmnya yang terkenal yaitu Bollywood. 10 Tips Panduan Cara Liburan Murah Ala Backpacker Agar Hemat Selama Traveling di Mumbai India Berikut Ini Adalah Panduan dan 10 Tips Backpacker Hemat Murah di Mumbai

1. Travel Menggunakan Kereta
Selain Harganya Murah, Travel Selama di Mumbai Menggunakan Kereta Merupakan Cara Menghemat Biaya Selama di Mumbai. Membeli Tiket Kereta Api Harus di Loket Stasiun Yah

2. Penipuan Kartu Kredit
Jangan Pernah  Memberikan Kartu Kredit Anda Atau Passport Anda Selama di Mumbai, India. Jika Dirasa Perlu Berikan Saja Copy Kartu Kredit Kamu.

3. Jangan Naik Taksi Argo
Kamu Jangan Pernah Menggunakan Taksi Yang Menggunakan Argo, Karena Sering Terjadi Scam Tentang Taxi di Mumbai India. Negoisasi Harga Menjadi Pilihan Terbaik Saat Berada di Mumbai India

4. Jangan Pegi Saat Musim Hujan
Mumbai Terletak Di Negara dan Zona Tropis Terlebih Dekat Laut, Cuaca Kurang Bersahabat dan Sering Terjadi Banjir, Hindari Bulan-Bulan Dengan Curah Hujan Tinggi. 

5. Serba Murah
Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar 25 ribu hingga 30 ribu rupiah saja untuk sepaket makanan lengkap dengan minuman di restoran-restoran cepat saji. 

6. Tiket Wisata
Harga tiket untuk masuk tempat wisata dibedakan berdasarkan orang asing atau warga India asli. Untuk orang asing memang dibandrol dengan tarif yang lebih mahal bisa 200 kali lipatnya. Maka dari itu Anda harus pandai-pandai bermain trik.

Beruntunglah wajah orang Indonesia hampi mirip seperti wajah orang nepal, Anda dapat memanfaatkan kemiripan ini untuk mengaku sebagai orang Nepal jika ingin membeli tiket suatu objek wisata. Di loket tiket Anda dapat mengatakan “beri saja saya 5 rupee, saya dari Assam”. Kata-kata ini terbukti ampuh dan manjur. Assam adalah nama wilayah di India dimana penduduknya seperti orang Nepal. 

Anda dapat memperoleh harga tiket 5 rupee dengan cara ini, padahal harga tiket untuk orang asing biasanya dibandrol 100 rupee. 

7. Memperhatikan Adat Lokal
Anda Harus Memberikan Apresiasi Terhadap Warga Lokal. Jangan Sekali-kali Kamu Menghina suatu Adat dan Budaya di Negeri India Ini. Matikan Ponsel Saat Berada di Tempat Ibadah, Atau Kamu Juga Bisa Sedikit Say Hello dengan Bahasa India, Dengan Mengucapkan Kata Ya, Tidak, Selamat Tinggal

8. Tiket Murah
Sayangnya Air Asia Belum Menjamah Kota Mumbai India, Pilihan Lainnnya Anda Dapat Transit Di Negara India Ini Menggunakan Jet Air Saat Umroh Backpacker Plus India Menggunakan JetAirways Dari Thailand Atau Bangkok

9. Obyek Wisata
Bagi pelancong tempat yang wajib dikunjungi adalah Gateway of India, berlokasi di daerah Waterfront Apollo Bunder di Utara Mumbai, bangunan ini mempunyai ketinggian sekitar 26 meter. Arsitekturnya dirancang dengan mengikuti gaya perpaduan antara Hindu dan Islam. Adapun model bangunannya mengikuti seni arsitektur Islam sementara dekorasinya merupakan perpaduan gaya khas Hindu. Bentuknya persegi empat dengan ada ruang kosong ditengah bangunan ini, dimana ada jalur untuk masuk dan keluar, mengingatkan bentuk bangunan terkenal monumen Arc de Triomphe di kota Paris, Perancis.

Gateway of India terdapat di daerah Waterfront Apollo Bunder di sebelah Utara Mumbai. Gateway of India merupakan bangunan berbentuk persegi empat dengan ruang kosong di bagian tengah bangunan yang berfungsi untuk jalur masuk dan keluar. Bangunan ini memiliki tinggi sekitar 26 meter. Bangunan ini memiliki ragam arsitektur yang merupakan hasil perpaduan arsitektur Hindu dan Isam. Gaya arsitektur Islam akan Anda dapari pada model bangunannya, sedangkan untuk dekorasi bangunan merupakan perpaduan arsitektur Hindu.

10. Foto
Jangan Sekali-kali Mengambil Foto Jika Ada Larangan Mengambil Foto Seperti di Airport, Jembatan, Tempat Militer atau Tempat Ibadah.

Sebagai Tambahan Informasi, Panduan Wisata dan Pengalaman Unik Selama di Mumbai India, Ada Hal yang unik dalam melihat kehidupan sehari-hari masyarakat di Mumbai yaitu dengan keberadaan Dabbawala. Dabbawala atau sering juga ditulis dabbawalla dan dabbawallah, adalah gabungan dua kata yaitu “dabba” merujuk pada istilah tempat (box) berupa tempat makan terbuat dari aluminium yang kalau di Indonesia seperti rantang makanan. Sementara “walla” adalah orang yang mengurusi tempat makan ini. Dabbawala dalam harfiah umum India bisa dikatakan sebagai orang yang bertugas mengirimkan rantang makan ini setiap harinya.

Sejarah dabbawala muncul ketika India dan Pakistan berada di bawah kolonial Inggris pada puluhan tahun yang lalu. Banyak orang Inggris yang menjadi pejabat pemerintahan atau penguasa di India saat itu lidahnya kurang cocok dengan makanan lokal yang kaya dengan rempah-rempah. Kemudian dimulailah budaya makan siang dengan masakan yang asli buatan rumah dan dipersiapkan langsung oleh keluarga orang-orang Inggris tersebut.

Yang jadi masalah adalah bagaimana cara mengirimkan makanan tersebut dari rumah menuju kantor atau tempat orang-orang Inggris tersebut berada. Timbullah ide untuk menyimpan makanan dalam wadah yang aman dan kuat serta bisa menjaga kesegaran masakan. Dipilihlah rantang yang terbuat dari aluminium guna menyimpan dan menjaga agar makanan tersebut tetap hangat atau segar.

Seiring waktu setelah Inggris melepaskan diri kekuasaannya terhadap India, kebiasaan makan siang yang dibuat dari rumah terus berlanjut kepada orang-orang India di Mumbai. Orang yang dituju bukan lagi pegawai pemerintahan saja, tapi makan siang buatan rumah juga pengirimannya meluas kepada anak-anak sekolah. Lebih jauh lagi isi makanan atau masakan bukan lagi buatan orang di rumah tapi bisa jadi pesanan melali rumah makan atau restauran.

Yang luar biasa dan uniknya, kebiasaan pengiriman makanan ini menjadi perhatian utama beberapa chanel TV besar seperi BBC, National Geographic, NHK Jepang dan banyak lagi. Dari beberapa sumber berita yang didapat penulis, konsep dabbawala ini menjadi bisnis yang melibatkan lebih dari 5.000 pengirim makanan (walla) setiap harinya, dan makanan yang terkirim bisa mencapai sebesar 175.000 hingga 200.000 rantang makan!

Sistem pengambilan dan pengiriman rantang makan ini sangat unik, tentu saja dengan jumlah rantang makan yang begitu banyaknya timbul pertanyaan bagaimana sistem pengirimannya dan kendala apa saja yang bisa terjadi mengingat, jangkauan pengiriman bisa mencapai hingga 50-70 km. Mengingat kebiasaan ini sudah berlangsung lama, kini dengan jumlah orang yang terlibat dalam jasa ini serta orang yang membutuhkan sangat banyak maka dibentuk organisasi yang menaungi pekerjaan mereka. Berdasarkan sumber laman dari organisasi ini ternyata tingkat keterlambatan dan kesalahan dalam mengirim ternyata nol persen!

Lalu bagaimana cara menentukan rantang makanan supaya tidak tertukar atau salah kirim? Disinikah uniknya, setiap rantang makanan di atasnya ada kode tertentu yang mengarah kepada pemilik atau orang yang dituju. Cukup sederhana saja,  kode ditulis menggunakan spidol dan dituliskan pada setiap rantang. Ada kode area, kode nomor kereta tujuan jika tujuannya jauh, kode gedung hingga kode lantai serta ruang orang yang akan dkirimi rantang makanan.

Pengambilan dan pengiriman dibagi tugas kepada para walla ini. Ada yang bertugas mengambil makanan dari rumah ke rumah, ada juga yang menunggu rantang-rantang tersebut dan kemudian dikumpulkan di suatu area untuk kemudian disebar.

Area yang menjadi tempat strategis tempat mengumpulkan rantang makanan ini adalah stasiun kereta Churchgate yang terletak di utara Mumbai. Karena kantung pemukiman penduduk banyak berada disini. Menjelang makan siang di sini sudah berkumpul ratusan walla lainnya yang bertugas mengantar rantang ke berbagai macam penjuru daerah di Mumbai.

Untuk jarak dekat bisa hanya berjalan kaki, menggunakan sepeda atau bajaj, sementara untuk jarak jauh hingga puluhan kilo digunakan kereta Suburb Metro. Dan setiap hari pada jam-jam tertentu banyak pelacong asing sudah menunggu keberadaan mereka di sekitar setasiun kereta Churchgate.

Begitu rapihnya manajemen dalam penerimaan dan pengiriman rantang makanan, tidak lebih dari 10 menit ratusan Walla bergerak cepat menerima ribuan rantang dari petugas yang datang dan masing-masing langsung dibawa pergi menggunakan berbagai moda.

Sepintas mungkin suatu hal yang biasa saja orang mengantar makanan tetapi jika melihat sejarah kebelakang, orang yang terlibat didalam bisnis ini, ketepatan waktu dan tidak pernah ada kejadian salah kirim serta jumlah rantang makanan yang berputar dalam satu hari sungguh menjadi hal yang fantastis dan mungkin satu-satunya di dunia.

Satu lagi yang menjadi semakin unik adalah seorang walla dapat di ketahui dari seragam baju dan celana katun berwarna putih serta topi khas yang dikenakan adalah topi khas yang dahulu suka di pakai oleh Mahatma Gandhi (Gandhi Cap) dan terakhir, untuk menghormati para pekerja dan tradisi ini setiap tahunnya diadakan festival dabbawala dimana ribuan orang berpawai dengan rangkaian acara memamerkan patung rantang makanan dan walla raksasa, 
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Bpk Baktiar
AUTHOR
13 September 2015 at 22:44 delete

KAMI SEKELUARGA TAK LUPA MENGUCAPKAN PUJI SYUKUR KEPADA ALLAH S,W,T
dan terima kasih banyak kepada AKI atas nomor togel.nya yang AKI
berikan 4 angka [3927] alhamdulillah ternyata itu benar2 tembus AKI.
dan alhamdulillah sekarang saya bisa melunasi semua utan2 saya yang
ada sama tetangga.dan juga BANK BRI dan bukan hanya itu AKI. insya
allah saya akan coba untuk membuka usaha sendiri demi mencukupi
kebutuhan keluarga saya sehari-hari itu semua berkat bantuan AKI..
sekali lagi makasih banyak ya AKI… bagi saudara yang suka main togel
yang ingin merubah nasib seperti saya silahkan hubungi KI JAYA WARSITO,,di no (((085-342-064-735)))
insya allah anda bisa seperti saya…menang togel 870 JUTA , wassalam.


dijamin 100% jebol saya sudah buktikan...sendiri....







Apakah anda termasuk dalam kategori di bawah ini !!!!


1"Dikejar-kejar hutang

2"Selaluh kalah dalam bermain togel

3"Barang berharga anda udah habis terjual Buat judi togel


4"Anda udah kemana-mana tapi tidak menghasilkan solusi yg tepat


5"Udah banyak Dukun togel yang kamu tempati minta angka jitunya
tapi tidak ada satupun yang berhasil..







Solusi yang tepat jangan anda putus asah... KI JAYA WARSITO akan membantu
anda semua dengan Angka ritual/GHOIB:
butuh angka togel 2D ,3D, 4D SGP / HKG / MALAYSIA / TOTO MAGNUM / dijamin
100% jebol
Apabila ada waktu
silahkan Hub: KI JAYA WARSITO DI NO: [[[085-342-064-735]]]


ANGKA RITUAL: TOTO/MAGNUM 4D/5D/6D


ANGKA RITUAL: HONGKONG 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; KUDA LARI 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; SINGAPUR 2D/3D/4D/



ANGKA RITUAL; TAIWAN,THAILAND



ANGKA RITUAL: SIDNEY 2D/3D/4D



DAN PESUGIHAN TUYUL

Reply
avatar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...