10 Tips Saat Backpacker Ke Negara Filipina

Bagaimana 10 Tips dan Cara Hemat dan Murah Saat Backpacker Ke Negara Filipina Agar Tidak Terkena Scam Negara Philippines.

Filipina merupakan negara yang kaya akan nilai-nilai sejarah , kultur, dan sumberdaya alam. Memiliki pantai-pantai yang disebut-sebut sebagai pantai terindah di Asia Tenggara, Filipina merupakan negara tropis yang bisa diandalkan untuk melepaskan penat bagi mereka yang ingin berlibur tidak jauh dari Indonesia.

Pastinya Anda Sudah Membaca:

Diantara banyak obyek wisata terkenal di kawasan ASEAN, ibukota masing-masing negara di kawasan ini selalu menjadi destinasi bagi para wisatawan. Manila yang indah ibukota negara kepulauan Filipina juga merupakan salah satu diantaranya. Meskipun masih membawa sosok kuno, tapi Manila tetap muda dan modern, karena tempat ini tidak hanya punya pusat-pusat perbelanjaan yang ramai kaliber di Asia, melainkan juga merupakan tempat yang menyimpan selar sejarah perjuangan dari bangsa Filipina.



Meski berperan sebagai ibukota Filipina, Manila jarang dilirik oleh wisatawan. Mirip seperti Jakarta yang sering dijadikan tempat singgah menuju Bogor, Bandung, atau bahkan Bali, Manila seringkali hanya dilewati oleh wisatawan yang hendak menuju kawasan wisata populer di Filipina seperti Pulau Boracay, Cebu, dan Bohol. Tapi jangan salah. Manila juga punya banyak tempat menarik yang mampu membuat wisatawan lupa akan polusi, kesibukan dan kemacetan di kota tersebut.

Menjadi jajahan Spanyol selama lebih dari 300 tahun membuat kota Manila kaya akan bangunan-bangunan kuno dengan gaya arsitektur Eropa dan monumen peninggalan zaman penjajahan. Bangunan dan monumen inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Manila. Kota terpadat di dunia ini juga memiliki koleksi kawasan wisata belanja, gedung kesenian, taman, dan kebun binatang. Berikut adalah beberapa tempat menarik yang ada di Manila.

Berikut Ini 10 Tips Saat Backpacker Ke Negara Filipina:


  1. Sekarang ini cukup banyak budget airlines menuju Filipina, antara lain Cebu Pacific,  Tiger Airways, JetStar dan Air Asia. Anda tinggal berlangganan newsletter masing-masing airlines untuk mengetahui promo terbaru mereka atau cek langsung di Cari Tiket Promo Airasia atau Cebu Pasific Air, Karena Dua Maskapai Ini Terkenal Murah dalam Memberikan Harga Promo Ke Manila, Filipina. Akan Tetapi Tidak Menutup Kemungkinan Menggunakan Malaysia Airlines, Maskapai Yang Hampir Meredup Terlekang Oleh Zaman.
  2. Jika di Indonesia bulan Desember juga sudah memasuki musim hujan, namun terkadang intensitasnya tidak begitu tinggi maka tidak di Filipina. Di setiap akhir tahun ada badai tropis yang melintas di Filipina. Seperti badai Hayan yang baru saja menghantam salah satu daerah Filipina yaitu kota pelabuhan Cebu. Badai inilah yang mengakibatkan intensitas hujan menjadi sangat tinggi pada bulan November sampai Januari. Karena itu sebaiknya jika ingin berkunjung ke Filipina sebaiknya di bulan Maret sampai Mei. Karena dibulan Desember kendala utama yang akan anda hadapi saat diperjalanan di hampir seluruh wilayah Filipina adalah curah hujan yang sangat tinggi.
  3. Tempat wisata di Manila sangat mudah diakses dengan menggunakan LRT dan MRT. Pastikan untuk mempelajari peta Manila terlebih dahulu agar bisa menentukan pilihan tempat wisata yang terdekat dengan LRT atau MRT tertentu. Ongkos LRT dan MRT pun sangat hemat, yakni hanya 12 hingga 15 peso untuk jarak dekat dan jarak jauh. Cobalah untuk naik jeepney di Manila. Transportasi umum yang menyerupai angkot dengan motif yang atraktif ini bisa membawa kita ke berbagai tempat wisata dengan hemat dan murah meriah. Soal bahasa jangan khawatir karena supir jeepney rata-rata bisa berbahasa Inggris dengan baik dan akan memberitahu kita di mana harus turun. Tarifnya pun sangat hemat, yakni hanya 8 peso hingga 13 peso tergantung dari jarak yang kita tempuh.
  4. Jika di Indonesia smartphone merupakan alat komunikasi yang sedang menjadi primadona maka tidak di Filipina saat ini mencari toko khusus seluler di Mall yang terkenal yang menjual micro SIM sangat sulit. Umumnya mereka meminta pre-order sebelumnya. Padahal boleh dikata smartphone yang beredar sekarang menggunakan mirco SIM. Karena itu jika akan memakai nomor lokal di Filipina sebainya gunakan ponsel yang jadul saja atau yang tidak menggunakan Micro SIM.
  5. Pilihlah hotel di lokasi yang dekat keramaian, seperti Ermita dan Malate. Kawasan Makati kurang disarankan karena sepi, banyak klub malam, serta sulit mencari makanan.  Salah satu alasan wisatawan mancanegara tertarik mengunjungi kota-kota di Asia Tenggara adalah karena murahnya biaya wisata yang harus dikeluarkan. Tak terkecuali dengan Manila. Kota ini memiliki banyak pilihan hotel dengan harga yang terjangkau. Hotel budget di Manila memasang tarif hanya sekitar Rp200.000-Rp350.000 per malam. Contoh hotel murah Manila yang bisa dipilih wisatawan adalah Metro Room Budget Hotel, Golden City Hotel, dan Dangay Suites. Pengunjung kota Manila yang datang untuk urusan bisnis bisa menginap di hotel-hotel ramah bisnis yang banyak tersedia di jantung kota Manila. Makati Shangri-la Hotel, Manila Marriott Hotel, dan Vivere Hotel adalah beberapa hotel mewah dan ramah bisnis di ibukota Filipina. Tarif hotel-hotel ini berkisar antara Rp1.000.000 hingga Rp3.000.000 per malam.
  6. Cicipilah berbagai fast food unik yang ada di Manila, seperti Jollibee, Chowking, dan lain sebagainya yang menawarkan berbagai menu menarik yang tidak ada di Indonesia. Harganya secara umum lebih murah dibandingkan dengan fast food di Indonesia. Bagi wisatawan muslim dan sangat anti sekali makanan yang haram jangan lupa untuk menanyakan kandungan bahan makanan terlebih dahulu sebelum makan karena mayoritas menu makanan di Filipina mengandung daging babi.
  7. Hati-hati dengan scamming yang ada di Manila, mulai dari supir taksi yang tidak mempunyai kembalian, hingga tuk-tuk yang menjebak. Bacalah berbagai pengalaman wisatawan yang sudah pergi ke Manila agar menambah kewaspadaan dan kesiapan dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang ada. Siapkan uang receh agar tidak ada alasan bagi supir taksi untuk tidak mengembalikan uang kita.
  8. Kondisi jalanan di Manila sama seperti di Jakarta, Macet Banyak Ojek Untung Gak Hujan Ntar Cinta Gak Bawa Payung. Hati-hati tatkala menyeberang jalan dan jangan lupa bawa masker karena debu jalanan di Manila sangatlah pekat dan bau.
  9. Anda tidak perlu khawatir dengan laju mobil di kota Manila Filipina karena sebenarnya bukan karena hal itu yang membuat anda harus berhati-hati akan tetapi karena arah kedatangan kendaraan atau mobil di Filipina adalah kebalikan dengan Indonesia. begitupun dengan posisi supir mobil berada di sebelah kiri. Karena itu pada saat menyebrang tengoklah sebelah kanan dulu baru sebelah kiri. Jangan sampai terbalinya ya.
  10. Pada umumnya saat akan berkunjung ke suatu negara tertentu, anda mungkin akan berupaya untuk mempelajari beberapa kata atau bahasa yang umum digunakan oleh warga lokal untuk mempermudah proses komunikasi di negara tujuan. Tapi hal ini tidak perlu anda lakukan saat berniat berkunjung di Filipina karena hampir semua warga di kota Manila bisa berbahasa Inggris dengan baik. Dan hampir semua kalangan masyarakat bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Mulai dari penjual toko pinggiran jalan, penjual outlet ponsel, sopir angkot, tukang ojek, sampai polisi lalu lintas bisa berbahasa Inggris walaun sebagian mungkin agak terbata-bata namun bisa dimengerti dan dapat mengerti dengan apa yang anda ucapkan. Hal ini karena ternyata karena Bahasa Inggris merupakan bahasa resmi kedua di Filipina setelah bahasa Tagalog. 
Previous
Next Post »
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...